Ericktristanto’s Blog

Just another WordPress.com weblog

MENGAPA BANGSA BARAT LEBIH MAJU DALAM ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DARI BANGSA TIMUR?

Bangsa Barat dikenal sangat maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejarah mencatat bangsa Barat telah menjajah bangsa Timur selama berabad-abad. Penjajahan dimulai ketika Turki Ottoman merebut Konstantinopel mengubahnya menjadi Istambul dan menutup jalur perdagangan antara Barat dan Timur yang melewati Istambul pada abad ke-15. Hal ini menyebabkan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan mencari sumber rempah-rempah yang mereka butuhkan. Setelah menemukan daerah penghasil rempah-rempah mereka berusaha menguasainya atau menjajahnya. Pertanyaannya mengapa bangsa Timur tidak dapat melawan penjajahan bangsa Barat? Hal ini disebabkan oleh mereka kalah dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Pertanyaannya selanjutnya adalah bagaimana bangsa Barat dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya melebihi bangsa Timur yang sebenarnya memiliki peradaban lebih awal dari bangsa bangsa Barat. Ada beberapa hal untuk menjawab pertanyaan ini.
Pertama, bangsa Barat lebih maju dari bangsa Timur karena faktor geografis. Keadaan geografis di Barat (Eropa) kurang menguntungkan jika dibandingkan dengan Timur. Keadaan ini membuat orang-orang Barat harus berpikir ekstra keras untuk dapat bertahan hidup sehingga memunculkan ide-ide baru yang di dalamnya mengandung ilmu pengetahuan yang dapat dikembangkan menjadi teknologi. Berbeda dengan bangsa Barat yang harus berpikir keras, bangsa Timur telah hidup makmur dengan pemenuhan kebutuhan yang telah disediakan oleh alam dengan berlimpah-limpah. Keadaan geografis di Timur seperti Asia Timur, Asia Selatan, Palestina dan Asia Tenggara sangat berlimpah kekayaan alamnya baik kekayaan alam mineral maupun kekayaan hayati. Di Eropa keadaan geografisnya dipenuhi oleh pegunungan tinggi yang diselimuti oleh salju karena termasuk dalam wilayah subtropis sehingga kesulitan dalam mengelola tanahnya. Pertanian hanya terdapat di lembah-lembah sungai yang hanya dapat ditanami vegetasi-vegetasi tertentu
Kedua, bangsa Barat Kuno berbeda pandangan hidupnya dengan bangsa-bangsa asli di benua lainnya. Bangsa Barat berpandangan rasional, artinya sifat yang mengutamakan hal-hal yang masuk akal sebagai hal-hal yang benar. Sedangkan bangsa Timur pada umumnya bersifat tradisional, artinya sifat yang mempertahankan apa yang sudah ada sebagai hal yang benar. Bangsa Timur lebih banyak memuja alam sebagai kekuatan sehingga timbullah kepercayaan dan agama. Sedangkan bangsa Barat lebih banyak melihat alam sebagai sesuatu yang tersedia baginya dan dikuasai demi kesejahteraan hidupnya.
Ketiga, peradaban Timur yang lebih maju terlebih dahulu menyebabkan adat istiadat atau nilai tradisi dijunjung sangat tinggi. Hal ini menyebabkan adat istiadat memegang kontrol dalam kehidupan masyarakat. Adat istiadat ini cenderung kaku dan sangat sulit melanggar atau malah mengubahnya. Saat masyarakat menemukan ide-ide baru atau ilmu-ilmu pengetahuan yang baru semuanya itu harus diseleksi oleh adat istiadat yang dipimpin oleh orang-orang tua yang kolot. Hal ini menyebabkan masyaratkat Timur enggan untuk mengolah pemikiran yang menjadi ilmu pengetahuan melainkan tunduk pada kebudayaannya. Seperti kita ketahui ada hierarkhi atau susunan pimpinan dalam peradaban Timur. Hierakhi ini sangat kuat mengontrol masyarakat dan masyarakat serta merta tanpa paksaan sesuai dengan tradisi menundukkan dirinya. Berbeda dengan bangsa Barat yang peradabannya sedikit tertinggal dari bangsa Timur, mereka tidak punya kebudayaan atau adat istiadat yang mengekang mereka sehingga mereka dapat dengan leluasa mengembangkan pemikiran mereka. Buktinya salah satu konsep persamaan dan kebebasan dalam masyarakat muncul di daerah Eropa bukan di Timur. Saat agama Katolik mulai membentuk budaya agama yang kaku yang semuanya harus berdasarkan ajaran Gereja tetap saja tidak dapat mengekang kaum cendikiawan Eropa yang membentuk komunitas-komunitas rahasia (Secret Societies).
Keempat, bangsa Barat telah mengambil atau mencuri ilmu pengetahuan dari bangsa Timur. Hal ini terjadi ketika masa kejayaan Islam. Saat itu kekuasaan Islam sampai di Spanyol di bawah kekhalifan Ummaiyah. Dalam pemerintahan Abdulrakhman III (922-972) Cordoba di semenanjung Iberia menjadi pusat peradaban di antaranya ada perguruan tinggi. Di situlah bangsa Barat memperoleh pengetahuan Timur yang dibawa bangsa Arab dari daerah Mesopotamia melalui Mesir. Banyak peradaban Timur yang diambil oleh bangsa Barat yang dapat dimanfaatkan untuk hidupnya. Misalnya pengetahuan astronomi dari Mesopotamia. Huruf dari bangsa yang berasal dari Phunesia dikembangkan menjadi abjad latin yang sekarang menjadi abjad dunia. Angka Arab yang menggunakan sistem persepuluhan juga diambil alih karena dirasakan lebih praktis daripada angka Romawi yang mempergunaka sistem lima. Setelah Spanyol direbut kembali oleh bangsa Barat tahun 1089, mereka mendirikan universitas di kota Toledo dan banyak buku pengetahuan yang diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Latin. Penulisannya pun menggunakan huruf Latin. Dengan sifat rasional, bangsa Barat dapat mengembangkan teknologi yang pesat sehingga mereka sekarang yang berperanan di dunia.
Kelima, bangsa Timur tertinggal dalam ilmu pengetahuan karena hancurnya pusat-pusat pengetahuan di Timur. Pertama adalah hancurnya Perpustakaan Alexandria di Mesir. Perpustakaan Alexandria diyakini merupakan perpustakaan terbesar dan terlengkap pada masa itu. Perpustakaan ini didirikan pada masa Alexander Agung dan dihancur pada saat Julius Caesar menyerang Antonius yang berhubungan dengan Cleopatra. Kedua adalah hancurnya buku-buku filsafat kuno Cina yang dihancurkan oleh Kaisar Shih Huang thi dari Dinasti Chin. Hal ini dilakukan untuk mengamankan kekuasaannya dari rongrongan ajaran-ajaran yang kurang menyetujui pemerintahannya. Ketiga adalah hancurnya pusat peradaban Islam di Baghdad pada masa kekhalifan Abbasiyah. Kekhalifan ini diserang oleh bangsa Mongol yang dipimpin oleh putra Jenghis Khan yaitu Hulagu pada tahun 1258. Dalam penyerangan ini bangsa Mongol menghancur-leburkan kota Baghdad termasuk warisan ilmu pengetahuannya. Dengan penghancuran kota Baghdad dan peradabannya banyak warisan ilmu pengetahuan yang sebenarnya berasal dari Timur digunakan bangsa Barat sehingga yang tenar/terkenal nama-nama orang Barat. Contohnya adalah Aljabar atau Algebra yang ditemukan oleh orang Arab bernama Al Khwarizmi namun tidak banyak orang yang mengenalnya. Hal ini disebabkan Al Khwarizmi hanya meletakkan dasar-dasarnya tetapi oleh orang Barat dikembangkan lagi sehingga dapat diimplementasikan, misalnya oleh Isaac Newton yang merumuskan kalkulus dengan dasar Aljabar sehingga terkenallah Newton. Sedangkan orang Arab sendiri tidak bisa mengklaim ilmu pengetahuan yang berasal darinya karena bukti-buktinya telah dihancurkan pada saat kehancuran kota Baghdad.

Juli 13, 2009 - Posted by | sejarah | , , , ,

9 Komentar »

  1. visit my blog
    http://jerzz.wordpress.com/

    Komentar oleh jerzz | Juli 13, 2009 | Balas

  2. cause ditimur dia keruk, dibarat dia bangun

    Komentar oleh syolahuddin | April 26, 2013 | Balas

    • untuk sementara yang kuat yang menang

      Komentar oleh ericktristanto | Mei 15, 2013 | Balas

  3. Wahh keren . .
    Smw brasal dri timur dan arab..
    Sayang smw telah berlalu..

    Sampah Amerika!

    Komentar oleh Getra | Mei 14, 2013 | Balas

    • Lho kok nyalahkan amerika, mas?

      Komentar oleh ericktristanto | Mei 15, 2013 | Balas

  4. Bullshit!

    Komentar oleh haris | Mei 27, 2014 | Balas

    • apanya yg bullshit?

      Komentar oleh ericktristanto | Juli 26, 2014 | Balas

  5. Menurut saya ..
    ini benar 99,9%
    karna orang timur lebih kaya dari orang2 barat..jadi karna kekayaannya ithu orng2 timur lebih suka hidup berfoyafoya…ketimbang belajar..
    Bisa dktkan mnja lahh….

    Komentar oleh Charno | Juli 28, 2014 | Balas

  6. Sangat bagus informasinya..

    Komentar oleh slamthebone21 | Juni 18, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: