Ericktristanto’s Blog

Just another WordPress.com weblog

RISE OF OSAMA BIN LADEN

The Most Wanted Terorist is Osama Bin Laden. Ya, itulah yang terpampang di media-media Amerika beberapa waktu lalu. Dia dituduh sebagai otak peristiwa terorisme 11 September 2001 yang meruntuhkan ikon ekonomi Amerika The Twin Tower World Trade Center (WTC) dengan membajak pesawat komersial dan menabrakkannya. Itulah yang ditulis oleh media-media AS. Di lain pihak teori konspirasi menyatakan sebaliknya bahwa Osama merupakan didikan CIA (Central Intelegence Agency). Bagaimana Osama bisa muncul sebagai dalang peristiwa 9/11? Bagaimana latar belakang Osama di dunia terorisme? Berikut ceritanya.
Pertama kita lihat mengapa Amerika menyerang Afganistan setelah serangan teroris 11 September 2001? Kenapa tidak menyerang Iran, Libya atau Syria yang sudah dianggap negara teroris oleh Amerika sebelum 11 September 2001. Jawabannya adalah karena buronan utama AS, Osama berada di sana bersembunyi dibalik pemerintahan Islam Afganistan yang didirikan oleh kelompok Taliban. Mengapa Taliban dapat menerima Osama di negerinya dengan konsekuensi akan dihancurkan oleh AS? Ada 2 hal yaitu (1) Taliban dan Osama memiliki ideologi Islam radikal yang sama; (2) Taliban membalas jasa Osama yang pernah membantunya saat perang melawan Uni Soviet.
Bagaimana Osama dapat membantu Taliban? Pada saat Uni Soviet menyerang Afganistan, suasana dunia saat itu sedang dalam Perang Dingin antara Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika melawan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet. Setiap tindakan salah satu pihak akan menjadi pertimbangan dan acuan dalam menentukan kebijakan luar negeri. Demikian pula dengan serangan Uni Soviet ke Afganistan tentu akan direspon oleh Amerika. Saat Uni Soviet berusaha memperluas pengaruh Komunisnya maka Amerika berusaha memblokade upaya tersebut. Serangan Uni Soviet ke Afganistan tidak bisa ditanggapi secara langsung dengan serangan Amerika ke Afganistan pula untuk mempertahankan negera tersebut. Hal itu akan menyebabkan terjadinya Perang Dunia III.
Oleh karena itu, Amerika berusaha mempertahankan Afganistan dari dalam termasuk mendukung kelompok Islam garis keras yang sedang berjuang walaupun AS tidak menyukainya. Amerika berusaha mencari orang untuk dapat menyusup dan memberi suplai senjata kepada pejuang-pejuang Mujahidin (sebutan pasukan Taliban). Akhirnya ditemukanlah nama Osama bin Laden. Latar belakang Osama adalah seorang pengusaha kaya dan keluarganya memiliki hubungan dengan lingkaran keluarga bangsawan kerajaan Arab Saudi. Sebuah perusahaan yang dibangun antara keluarga bin Laden dengan keluarga Istana Arab disediakan untuk mendanai perang Afganistan. Perusahaan itu bernama Saudi Binladen Group (SBG). Melalui perusahaan SBG ini para kapitalis membantu mengusir komunis dari Afganistan dengan kucuran dana dan suplai senjata.
Selama perang Afganistan itu, Osama dibina menjadi agen oleh CIA untuk kepentingan kapitalis Amerika. Osama dibekali ilmu intelijen, militer dan terorisme untuk menghancurkan pemerintahan Soviet di Kabul. Perang yang berlangsung bertahun-tahun ini ternyata tidak diantisipasi oleh Amerika sehingga maksud hati memakai Osama sebagai alatnya malah membuat Osama sadar akan prinsip-prinsip Islam Syariah dari para Mujahidin. Taliban malah membentuk karakter Osama dan menanamkan nilai-nilai jihad kepadanya. Osama akhirnya sadar bahwa perjuangan Islam adalah membasmi kaum kafir termasuk komunis dan kapitalis. Setelah Perang Afganistan berakhir tahun 1989 dengan mundurnya pasukan Uni Soviet maka medan perang mulai beralih. CIA berusaha mencari Osama untuk membungkamnya agar tidak membeberkan keterlibatan Amerika dalam perang Afganistan. Sedangkan Osama mulai bangkit melawan kapitalis Amerika karena dianggap sebagai penyokong zionisme Israel yang menyengsarakan saudara-saudara muslimnya di Palestina.
Selain itu, setelah keruntuhan komunisme tahun 1991, Amerika mulai ketakutan dengan kekuatan Islam radikal. Setidaknya sudah ada Iran yang berubah menjadi negara Islam melalui revolusi 1979, sekarang ditambah dengan negara Islam Afganistan di bawah pimpinan Mullah Omar yang memegang prinsip Islam garis keras. Oleh karena itu, melalui tindakan-tindakan intelijen CIA berusaha menyabotase pemerintahan Taliban dan melumpuhkan jaringan Osama yang menjadi pendukung pemerintahan Taliban. Tahun 1988 Osama mendirikan Al-Qaeda sebuah organisasi Islam fundamental yang bertujuan untuk mengakhiri kekuasaan kafir di negara-negara muslim dan berusaha mendirikan suatu kekhalifan yang baru.
Dengan organisasi ini Osama mulai melebarkan sayap jaringannya ke seluruh dunia, yang paling terkenal adalah cabangnya di Asia Tenggara yang dikenal dengan nama Jamaah Islamiyah. Beberapa tindakan terorisme diakui oleh mereka bahwa merekalah yang bertanggung jawab. Peristiwa teror tersebut antara lain:
– Bom di kota Aden, Yaman tahun 1992
– Bom di WTC, New York tahun 1993
– Bom kedutaan Amerika Serikat di Afrika Timur tahun 1998
– Pengeboman USS Cole di Yaman tahun 2000
– Dan yang paling terkenal adalah peristiwa 11 September 2001 di WTC New York

Agustus 7, 2009 - Posted by | politik, sejarah | , ,

2 Komentar »

  1. sumbernya mana??? biar jelas. thanks🙂

    Komentar oleh vicky angelina | Juli 26, 2011 | Balas

    • wah iya
      aku lupa ngasih sumber ya
      ada sih bukunya yg aku baca di toko buku
      tapi ya gitu buku picisan gitu deh
      buku2 tentang konspirasi yang sumbernya cuma dari internet

      Komentar oleh ericktristanto | September 2, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: