Ericktristanto’s Blog

Just another WordPress.com weblog

HARI SABAT DAN KEBAKTIAN MINGGU

Banyak orang mempertanyakan tentang hari Sabat dan Kebaktian Minggu karena dipercayai bahwa hari Sabat adalah hari ke-7 dan jatuh pada hari Sabtu. Lalu mengapa orang Kristen yang diwajibkan untuk mengingat dan menguduskan hari Sabat malah menggantinya ke hari Minggu? Di sini kita akan melihat argumentasi mengenai hari Sabat. Setidaknya ada tiga argumentasi yang mewakili tiga golongan yaitu golongan yang ingin menguduskan hari Sabat pada hari Sabtu, golongan yang ingin menguduskan hari Sabat pada hari Minggu, golongan yang ingin menguduskan hari Sabat dengan tidak terikat pada hari Sabtu atau Minggu atau apapun.

Golongan pertama yang menguduskan hari Sabat pada hari Sabtu berargumen:

1. Ditetapkan dalam kitab Ulangan bahwa hari Sabat adalah hari ke-7 dan hari ke-7 dalam kalender adalah hari Sabtu.

2. Pemindahan hari Sabat dari hari Sabtu ke Minggu merupakan paganisasi untuk menyembah dewa Matahari yang dilihat dari arti kata Minggu dalam bahasa Inggris Sunday (hari Matahari).

3. Dilihat dari asal kata hari Sabtu yaitu Sabt dalam bahasa Arab atau Sapta dalam bahasa Sansekerta yang berarti 7. Selain itu dari bahasa Ibrani Yom Sabbath yang berarti hari ke-7.

4. Tuhan Yesus mati pada hari Jumat, dan orang Israel pada jaman itu beristirahat pada hari Sabat, dan Dia bangkit pada hari pertama minggu itu (tertulis pada kitab Lukas) jadi tak perlu lagi meragukan hari SABAT itu adalah hari SABTU

Golongan kedua yang menguduskan hari Sabat pada hari Minggu berargumen:

1. Tuhan Yesus bangkit pada hari Minggu, Penampakan Tuhan Yesus setelah kebangkitanNya selalu pada hari Minggu, hari Pentakosta jatuh pada hari Minggu.

2. Kebangkitan Tuhan Yesus dipandang sebagai hari penggenapan karya keselamatannya yang identik dengan hari penghentian karya penciptaan alam semesta oleh Allah.

3. Tradisi para rasul dan tulisan para Bapa Gereja yang menyatakan bahwa jemaat Kristen mula-mula beribadah pada hari Minggu.

4. Terlepasnya umat Kristen dari hukum Taurat dengan adanya hukum Kasih oleh Tuhan Yesus.

Golongan ketiga yang menguduskan hari sabat pada hari-hari yang tidak terikat berargumen:

1. Hari Sabat diciptakan untuk manusia bukan manusia diciptakan untuk hari Sabat

2. Permulaan minggu atau hari ke-1 berbeda-beda di tiap negara. Misalnya di Cina hari ke-1 adalah hari Senin dan hari ke-7 adalah hari Minggu sedangkan di Inggris hari ke-1 adalah hari Minggu dan hari ke-7 adalah hari Sabtu.

3. Pembedaan Hari Sabat dengan dengan hari Kebaktian bersama. Hari Sabat bersifat personal dalam arti masing-masing individu menguduskan suatu hari untuk bersekutu dengan Tuhan secara pribadi

4. Penamaan Hari baru berkembang setelah pengaruh Kristen dan Yahudi memasuki kebudayaan Romawi.

Secara khusus perayaan Kebaktian pada hari Minggu (Sunday) bukan merupakan paganisasi kekristenan karena

1. Pemberian nama Sunday terjadi setelah Kristen beribadah lebih dulu di hari itu.

2. Asal kata Sunday tidak berasal dari Romawi melainkan dari Inggris.

3. Jika dikatakan bahwa Sunday adalah untuk perayaan kaum Pagan Romawi yang menyembah matahari maka hal itu merupakan kesalahan besar karena dewa Pagan orang Romawi adalah dewa Jupiter.

4. Penamaan Sunday bukan berarti penyembahan terhadap dewa matahari melainkan karena alasan astronomi bahwa pencatatan waktu dalam kalender ditentukan oleh benda-benda langit terutama pada saat itu yang paling dekat dengan bumi. Seperti Matahari, Bulan, Venus, Mars, Saturnus dan Jupiter.

5. Kaum pagan-lah yang mengadopsi Sunday sebagai hari penyembahan bagi dewanya

6. Bahwa Kaisar Konstantin yang memindahkan peribadahan ke hari Sunday merupakan hal yang salah karena sebelumnya Bapa Gereja Justinus Martir dalam bukunya Dialogue with Trypho menetapkan peribadahan hari Sunday sehingga Kaisar Konstantin hanya membakukannya.

Oktober 13, 2009 - Posted by | agama | , , ,

2 Komentar »

  1. Simple tapi jelas… Tq broo…
    Lord Jesus bless you…

    Komentar oleh wakwaw | Oktober 13, 2015 | Balas

    • Terima kasih

      Komentar oleh ericktristanto | Mei 29, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: