Ericktristanto’s Blog

Just another WordPress.com weblog

The Gospel of Lucifer

Pada suatu waktu sebelum penciptaan bumi dan manusia, Tuhan terlebih dahulu menciptakan para malaikat untuk melayani Dia di Surga. Malaikat diciptakan tanpa memiliki kehendak bebas. Walaupun para malaikat mempunyai kemauan, mereka tunduk kepada kehendak Tuhan. Hakikat penciptaan malaikat adalah hanya untuk melayani Tuhan. Tuhan menciptakan malaikat yang cukup banyak sekaligus dan membuatnya tidak dapat berkembang biak. Jadi, jumlah malaikat dari dulu, sekarang dan selamanya adalah tetap dan sangat banyak. Di antara banyaknya malaikat tersebut terdapat susunan jabatan atau hierarkhi. Tuhan memilih dari tiap-tiap malaikatnya untuk ditempatkan di posisinya masing-masing. Jabatan-jabatan tersebut dimasukkan ke dalam beberapa golongan yaitu: Throne, Serafim dan Kerubim.
Thrones adalah penjaga tahta Tuhan. Bisa dibilang bahwa Thrones adalah malaikat penjaga atau tentara Tuhan. Pemimpin dari bala tentara malaikat Sorga adalah Mikhael. Thrones bertugas memerangi kejahatan baik perang dengan manusia maupun dengan roh jahat. Serafim adalah pelayan di tahta Tuhan dan sebagai alat perantara untuk menyucikan. Selain itu, tugasnya juga menyampaikan pesan-pesan penting dari Tuhan kepada beberapa orang tertentu. Pemimpin dari para malaikat pelayan dan pembawa pesan ini adalah Gabriel. Kerubim adalah pelindung kekudusan Tuhan. Kerubim berada di sekitar tahta Tuhan dan berfungsi menaikkan puji-pujian bagi Tuhan. Memuji Tuhan adalah tugasnya. Pemimpin dari para pelindung tahta dan pemuji Tuhan ini adalah Lucifer.
Dilihat dari hierarkhi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa golongan malaikat tertinggi adalah kerubim karena berada di sekitar tahta Tuhan, lebih dekat dari semua golongan malaikat. Bertugas sebagai pelindung kekudusan dan memuji Tuhan karena hal yang paling disenangi oleh Tuhan adalah puji-pujian. Dengan demikian maka Lucifer dapat dikatakan sebagai malaikat tertinggi dari hierarkhi malaikat karena ia adalah pemimpin golongan kerubim dan yang paling dekat dengan Tuhan.
Lucifer memiliki kesempurnaan yang tak ada bandingannya. Lucifer berdiri tegak di titik puncak ciptaan Tuhan. Lucifer memiliki tempat tinggal yang tak ada bandingannya. Lucifer memiliki pakaian yang tak ada bandingannya. Lucifer digambarkan mempesonakan tentang pakaian atau jubahnya yang menunjukkan sesuatu mengenai kemuliaan yang diberikan kepadanya. Lucifer memiliki fungsi yang tak ada bandingannya. Lucifer termasuk kelompok kerubim yang dihubungkan dengan menjaga kekudusan Tuhan, dengan tahta Tuhan dan dihubungkan dengan kehadiran Tuhan yang nyata. Lucifer berada di gunung kudus Tuhan dan berjalan di tengah-tengah batu-batu yang gemerlapan. Hal ini berbicara mengenai kehadiran Tuhan sendiri. Rupanya Lucifer adalah kepala pengawal dari kekudusan dan kebesaran Tuhan. Lucifer memiliki kesempurnaan yang tak ada bandingannya. Lucifer sempurna dalam arti bahwa dia benar-benar hebat dan memiliki integritas moral yang mutlak.
Dalam setiap hal, Lucifer adalah lambang dari ciptaan Tuhan. Lucifer muncul pada saat pertama keberadaannya di dalam keindahan yang sangat luar biasa dan kekuasaannya karena kedudukannya yang tinggi. Dikelilingi oleh kebesaran yang Tuhan berikan kepadanya. Lucifer melihat dirinya sebagai mengatasi segala bala tentara Sorga baik dalam hikmat, kuasa, maupun keindahan. Hanya pada tahta Tuhan sajalah ia melihat sesuatu yang lebih dari padanya yang tidak dia miliki. Bisa dikatakan bahwa dia memiliki peranan atau jabatan sebagai perdana menteri bagi Tuhan yang mungkin memerintah atas alam semesta namun yang pasti menguasai dunia ini. Lucifer adalah orang kedua setelah Tuhan di Sorga. Artinya dialah pemegang tongkat komando pemerintahan di Sorga setelah Tuhan sendiri (God’s second in command).
Dalam kemegahannya tersebut yang diberikan oleh Tuhan kepadanya memunculkan dan menimbulkan perasaan kasih yang semakin mendalam kepada Penciptanya tersebut. Lucifer hendak mengungkapkan perasaan kasihnya kepada Tuhan dengan lebih akrab dan intim. Lucifer ingin menyembah Tuhan tanpa ada batasan kekudusan dan tanpa ada batasan ciptaan dan Pencipta. Karena rasa sayang dan kasihnya yang terlalu besar ini, Lucifer ingin memeluk Tuhannya yang memberikan segala sesuatu kepadanya. Namun sayang Tuhan yang mahakudus, Tuhan yang hadiratNya dipenuhi oleh kemuliaanNya, Tuhan yang diselubungi oleh kekudusan tentu tidak dapat lebih dekat seperti yang diingini dalam hati Lucifer. Karena didorong oleh rasa kecintaannya dan kasihnya yang berlebihan dan meluap-luap maka ia memberanikan diri mendekat dan menerobos tahta Tuhan yang dipenuhi dan diselubungi oleh kemuliaan dan kekudusan.
Lucifer hendak naik ke langit. Sebagai penjaga kekudusan Tuhan, Lucifer memang memiliki hak untuk masuk ke langit. Kehendaknya ini menyatakan ingin tetap tinggal di langit dalam keadaan yang setara dengan Tuhan agar dapat benar-benar mengasihi Tuhan. Lucifer hendak mendirikan tahtanya mengatasi bintang-bintang Tuhan. Lucifer ingin memerintah seluruh malaikat Tuhan agar lebih dekat dengan Tuhan dan semakin intim dengan Tuhan. Lucifer juga ingin menguasai seluruh tingkap-tingkap langit agar semua penghuninya dapat memuji Tuhan sama seperti ia memuji Tuhan. Lucifer hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Lucifer ingin memimpin suatu pemujian dan penyembahan yang erat dan dekat dengan Tuhan. Lucifer hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan. Lucifer menginginkan kemuliaan yang dimiliki Tuhan. Lucifer rindu kemuliaan Tuhan diberikan juga kepada malaikat-malaikat lain yang setia dan mengasihi Tuhan dalam memuji dan menyembah Tuhan. Lucifer ingin malaikat menemai Tuhan di setiap kehadiran Tuhan. Suatu hubungan yang lebih dekat dengan mengikuti kehadiran Tuhan. Lucifer hendak menyamai Yang Mahatinggi. Lucifer ingin kekudusan dan kemuliaan yang setara dengan Tuhan. Keinginan tersebut tak lain agar ia dapat intim dan memeluk Tuhan yang menciptakannya dan memberikan segala sesuatu kelebihan yang ada padanya. Semuanya didasarkan atas perasaan cinta dan kasihnya kepada Tuhan.
Kerinduan dan keinginan yang suci, tulus dan indah tersebut diikuti oleh beberapa malaikat lain yang juga ingin lebih dekat dengan Tuhan. Beberapa malaikat mengikuti perasaan mereka yang rindu memeluk Penciptanya yang mereka kasihi. Pada umumnya malaikat-malaikat ini berasal dari kelompok kerubim yaitu pelindung tahta Tuhan dan pemuji Tuhan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kedudukan yang lebih dekat dengan Tuhan dari pada kelompok malaikat yang lain sehingga mereka semakin hari semakin haus dekat dengan Tuhan karena penyembahan yang mereka lakukan dibalas oleh Tuhan dengan memberikan hadiratNya yang menyejukkan.
Namun sayang, niat yang indah, suci dan tulus ini dianggap sebagai pemberontakan. Pemimpin bala tentara Sorga (Thrones), Mikhael menentang tindakan Lucifer. Mikhael menyiapkan pasukan bala tentara malaikatnya untuk mengusir Lucifer. Lucifer yang walaupun lebih tinggi kedudukannya dari Mikhael tidak dapat melawan karena Lucifer bukanlah malaikat tentara. Tuhan menyetujui tindakan Mikhael atas dasar bahwa Tuhan tidak dapat dipersekutukan. Tuhan tidak dapat disamakan dengan ciptaan. Maka atas perintah Tuhan, Mikhael dan bala tentara Sorga mengusir Lucifer dan malaikat-malaikatnya yang ikut dalam gerakan Lucifer mendekat kepada Tuhan dari Sorga. Lucifer yang tulus memuji Tuhan akhirnya diusir dari Sorga dan dinyatakan berdosa bersama dengan malaikat-malaikatnya yang juga tulus ingin menyembah Tuhan lebih intim.

Maret 29, 2010 - Posted by | agama | , , , ,

2 Komentar »

  1. Sepertiga malaikat mengikuti ketidakbenaran..dan kebenaran yg sbenarnya disamarkan. Faktanya jika dia memang mengasihi ALLAH,dia akan menghargai aturan..dan meruntuhkan keegoisan.

    Komentar oleh Curie | Mei 13, 2010 | Balas

    • benar sekali
      keegoisan
      dan keangkuhan kita lah yg sering menyerobot Tuhan dari tahtaNya di hati kita

      Komentar oleh ericktristanto | Juni 2, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: